Janah Munsit dan Stay BBM

AAA – Slamat Malam Lady Rose (fans SID). Dalam post kali ini saya atas penduduk Sangkay City ingin berbicara sedikit tentang Janah Munsit.

Dari Judul diatas, sebenarnya Janah Munsit adalah tempat saya dan teman teman berkumpul dan santay untuk mencari sebuah pemikiran baru, sambil BBM atau dengan kata lain Bahan Bakar Mulut (smoking). sambil melihat sunset (matahari Tenggelam), kegiatan lain seperti jump shut (Jumping) dan hunting. Orang sering menyebut Janah munsit dengan nama pasir putih, tapi kami sering menyebut Janah Munsit dengan istilah JJM


foto di Janah Munsit
Janah yang berarti tanah Berpasir Putih dan Munsit adalah salah satu tempat dari Dayak Maanyan Paju Sapuluh dan sejarah nya janah munsit di jadikan tempat singgah orang - orang dulu saat membawa mayat untuk di kubur dari desa Jaweten ke Desa Sarapat.
Janah Munsit yang dulunya masih jalan setapak di tengah hutan rimba yang hanya bisa di lalui sepeda motor dan pejalan kaki, kini pada awal tahun 2014 jalan janah munsit sudah di aspal dan dialiri Listrik. 
Di Janah Munsit juga ada kantor kesbangpol (Eks), SMK Jajaka Bartim,  Lembaga Permasarakatan atau Penjara, Serta WorkShop.

Sekedar info!
Janah Munsit adalah nama tempat atau daerah yang ada di kabupaten barito timur. Jika Anda ingin ke janah Munsit dari Kota Tamiang Layang anda hanya perlu tembak lurus dari Tumpa Dayu menuju desa Sarapat, tepatnya di Sangkay ada belokan ke kanan, sekitar 1,8 KM anda sudah sampai di Janah Munsit. Lurus lagi dari Janah Munsit akan tembus pal 4.

Dari data yang saya kumpulkan dan beberapa orang yang saya tanyai, ada beberapa tempat di Janah Munsit yang perlu anda ketahui (nguka Balak JJM na) seprti :

1. WorkShop. WorShop di Janah Munsit sebenarnya terletak tepat di Gunung De’el. Saya dan teman - teman sering santay di bangunan workshop untuk melihat pemandangan Janah Munsit yang indah, tapi bangunan yang sebenarnya tidak jelas itu banyak disalah gunakan oleh berbagai pihak seperti tempat Miras, Malempox, Pacaran sampai Prostitusi dan lain lain.

2. KesBangPol Eks (Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik). Kesbang adalah tempat yang paling sering saya kunjungi dan dari kesbanglah asal ide postingan ini berasal. Bahkan pembuatan video clip cover SID – Bukan Pahlawan, SIO – Party Pillow, dan The Bigva – Aku bisa, di buat di sini.

3. Lembaga Permasarakatan Janah Munsit (Penjara di Barito Timur). Lembaga Pemasyarakatan (disingkat Lapas) adalah tempat untuk melakukan pembinaan terhadap narapidana dan anak didik pemasyarakatan di Indonesia. Sebelum dikenal istilah lapas di Indonesia, tempat tersebut disebut dengan istilah penjara. Penjara Janah Munsit sudah mulai aktif pada tahun 2015 sampai sekarang. Sebenarnya baru baru ini pada awal tahun 2016 saya menemukan sebuah Bayangan Kegelapan di dalam penjara tersebut. Smoga anda mengerti.

4. SMKJajaka Bartim. SMK jajaka Bartim adalah SMK swasta Kesehatan Pertama yang ada di Bartim. Dengan jurusan Parmasi dan Perawat Kesehatan. Untuk info SMK jajaka bartim (klik disini)

Sekian dalam post kali ini. Trim bagi pembaca, mohon kritik dan saran!

Baca juga : Sejarah Desa Sarapat

#salamat panalu andri post ku selanjutni!

0 Response to "Janah Munsit dan Stay BBM"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?