Desa Bangkuang Tepian Indah di Pinggir Sungai Barito

AAA – Desa Bangkuang adalah sebuah desa yang ada di kecamatan Karau Kuala, Kanupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah. Desa ini terletak di pinggir sungai Barito, sungai terpanjang ke – 3 di Indonesia. Desa ini juga menjadi pelabuhan oleh berbagai perusahaan batu bara yang ada di kalimantan tengah dan kalimantan selatan.
Artikel yang berjudul Desa Bangkuang Tepian Indah di pinggir Sungai Barito ini adalah artikel iseng – iseng yang saya buat, saya sendiri belum pernah ke desa ini, tapi dari cerita teman – teman yang pernah ke desa bangkuang menceritakan bagaimana keadaan dari desa bangkuang.

Desa Bangkuang pada asalnya adalah suatu pedusunan dengan usaha masyarakat seperti mencari ikan dan berladang. Sebelum penjajahan Belanda, Bangkuang terletak pada aliran sungai Barito yang mencoruk ke sebelah Timur, namun dengan kejadian alam, sungai Barito tersebut tertutup oleh tumpukan tanah erosi / Gusung karena sekitar 150 tahun yang lalu ada yang membuat jalur lintasan anak sungai yang menembus/menghubungkan sungai barito yang melingkar berputar. sehingga menjadi sungai Barito, seperti gambar di atas desa bangkuang seperti di kelilingi anak dari sungai yang membentuk hati, sungguh tepian yang indah di pinggir sunagi barito. Ada legenda yang mengatakan membesarnya anak sungai yang menghubungkan kedua aliran sungai Barito tersebut adalah tenggelamnya Perahu pengantin yang sedang milir dari Desa Babai menuju Desa Bangkuang pada waktu itu. Penduduk Bangkuang telah dihuni Oleh orang-orang dari suku Dayak Bakumpai yang bahasa nya mirip dengan bahasa dayak Ngaju (80 % kemiripan dengan bahasa ngaju/biaju), yang mayoritas beragama Islam.

Desa Bangkuang berbatasan dengan dengan desa Telang siung, Kab Barito Timur. Serta desa palantau, desa telok betung, desa pinungku, desa janggi, dan desa selat baru, Kab. Barito Selatan

Di desa ini untuk prasarana tergolong lengkap meskipun jauh dari ibu kota Buntok, kab. Barito Selatan, seperti Penginapan, Bank, Kantor Pos dan giro, Pusat Kesehatan Masyarakat, Kepolisian, Koramil, dan juga sarana Komunikasi. Desa yang indah dan juga asri, kebudayaan yang ramah dan mudah menerima tamu – tamu atau pendatang. Selain dijadikan sebagai pelabuhan batu bara, desa bangkuang juga terdapat perusahaan kelapa sawit yang menjadi pekerjaan masyarakat selain sebagai petani, buruh, pedagang dan juga nelayan.

Desa yang maju dan juga nyaman, perkumpulan dari berbagai suku ada di sini. Masyarakat yang cinta damai.
#dayak bakumpai – sangkay city, the city of bbm.

1 Response to "Desa Bangkuang Tepian Indah di Pinggir Sungai Barito"

Bagaimana Pendapat Anda?