Festival JAJAKA Barito Timur 2015

AAA – Festival JAJAKA ( Jari Janang Kalalawah ) yang menjadi motto kab. Barito Timur yang ber arti Jadi Jaya Selamanya.
foto hasil perlombaan melukis
Kabupaten barito timur meliliki keberagaman kesenian dan kebudayaan yang eksotis yang membuat daerah ini menjadi magnet wisatawan lokal maupun luar daerah. Untuk itu sebagai apresiasi dan juga bagian dari promosi wisata daerah lokal, Maka Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Barito Timur mengadakan Festival JAJAKA yang di selenggarakan pada tanggal 31 Maret 2015 hingga 1 April 2015, selama 2 hari. Festival ini diselenggarakan di kelurahan taniran, kecamatan banua lima, tepatnya di objek wisata museum lewu hante. Acara festival ini juga di selenggarakan secara rutin tiap tahun nya.


Baca : Objek Wisata Musem Lewu Hante


Acara festival ini juga menyajikan aneka ragam seni dan budaya dalam bentuk perlombaan serta pertunjukan suku dayak. Perlombaan dan pertunjukan yang di selenggarakan adalah seperti permainan rakyat, perlombaan memasak khas daerah, pelombaan manyipet (menyumpit), lomba sepak sawut, lomba balugu, lomba bakahing (gasing),  pemilihan duta wisata kabupaten barito timur 2015, penampilan kesenian lokal seperti tari wadian dadas, tari wadian bawo, dan tari giring - giring dan juga banyak perlonbaan dan pertunjukan lain nya.


Selain menjadi ajang memilih wakil kabupaten untuk mengikuti Festival Isen ¬Mulang tingkat provinsi, acara festival ini juga sebagai sarana promosi kebudayaan daerah, agar lebih dikenal masyarakat luas dan menjadi daya Tarik sendiri bagi wisatawan daerah maupun luar daerah.


Kegiatan ini juga menjadi mengundang antusias warga kabupaten barito timur untuk berpartisipasi, terlihat saat acara berlansung banyak peserta dan penonton yang memenuhi komplek museum luwu hante. Saya sebagai penonton merasa di ingatkan kembali akan seni dan budaya dayak, menumbuhkan kecintaan sebagai generasi penerus atas pembangunan seni dan budaya daerah, dan juga mengajak masyarakat untuk peduli akan lingkungan kebudayaan, serta beberapa atraksi dan permainan yang menarik sebagai tontonan bagi yang hadir di acara tersebut.


Saya sebagi penulis, dalam pagelaran acara festival JAJAKA Barito Timur menginginkan untuk mengajak semua golongan masyarakat untuk membantu dan mendukung acara yang selalu di selenggarakan tiap tahun ini, sebagai saran mungkin tempat acara ini bisa diselengarakan di tiap kecamatan, bukan hanya di kecamatan banua lima saja.
Trima kasih.. an jangan lupa buang sampah pada tempatnya.

0 Response to "Festival JAJAKA Barito Timur 2015"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?