Jadwal Kegiatan Ritual IJAME di desa Murutuwu Tahun 2017

AAA – Tabe! Bertemu lagi di Sangkay City Blog. Dalam tulisan kali ini, kami akan memberikan daftar kegiatan dalam ritual ijame yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 juli 2017 sampai tanggal 3 agustus 2017, selama 25 hari.

Ritual ini akan dilaksanakan di desa Murutuwu, kec. Paju Epat, kab. Barito Timur, Kalimantan Tengah. Berjarak 15 km dari kota Tamiang Layang atau dengan waktu tempuh 25 menit dengan kendaraan.

Ritual IJAME adalah suatu kepercayaan suku Dayak Maanyan sub Paju Epat yang baragama Kaharingan. Ritual ini merupakan suatu prosesi penghantaran roh orang yang sudah meninggal menuju Tumpuk Datu Tunyung (Sorga). Dalam Ritual ini tulang – tulang orang yang sudah meninggal akan diprosesi, dengan pembakaran tulang/pengkremasian. Klik disini untuk penjelasan tentang ritual IJAME.

Dalam pelaksanaan ritual ini juga dalam tahap persiapan dimulai pada tanggal 15 juni 2017, pada tanggal itu dimulai kegiatan NGAPANRU ANING atau membuat Tuak (minuman tradisinal khas duku dayak). Klik disini untuk artikel tentang Tuak.

Selanjutnya akan dilanjutkan dengan kegiatan BAUKA KUMANG. Dalam kegiatan ini merupakan acara ritual pra IJAME. Terdapat 5 kegiatan dalam BAUKA KUMANG, yaitu : IRUMPAK LAMI, NGUTUH WULU, IRUMPAK BIHARA, IRUMPAK LIMAR, MAKAN UMPUI DAN IPAKET.

Setelah acara ritual pra ijame selesai maka akan dilakukan ritual Inti dari IJAME, dalam ritual inti ijame akan dilaksanakan selama 9 hari 9 malam. Dengan daftar kegiatan berupa : TARAWEN, NI’IT UWEI, NARAJAK, MUARARE, NAHU, NYURAT, NANSARAN, MUNU, MAPUI.

Setelah acara ijame selesai, maka acara selanjutnya adalah NGANREI BALAI yang dilaksanakan selama 7 hari 7 malam.

Dalam kegiatan di atas dilaksanakan oleh PANITIA, MANTIR, WADIAN, dan PISAME

Berikut rondown acara RITUAL IJAME di desa Murutuwu :

jadwal kegiatan ritual ijame di desa murutuwu tahun 2017
Kegiatan lainnya yang tidak terdaftar di jadwal adalah membuat BALAI PISAME, membuat BALAI HAKEI, membersihkan jalan menuju lokasi pengkremasian (papuyan), membuat NUMANG TETEI yaitu titian dari balai adat ke rumah yang bersangkutan dan membuat tempat di pinggir sungai untuk mempermudah aktifitas selama kegiatan, serta Membuat titian dari rumah kegiatan (lewu putut) menuju Balai yang disebut tetei.

Dalam acara ini juga kami Perjalanan di Tanah Dayak (tim) akan membuat sebuah film dokumenter tentang prosesi ritual ijame, jadi sampai ketemu di desa murutuwu tahun ini. Terima kasih!

Sumber dan refrensi : 


https://m.facebook.com/komandanmaanyan
http://sangkaicity.blogspot.co.id/2017/03/ritual-ijame-dayak-maanyan-paju-epat.html
Sodara ELKA APEM dari desa Murutuwu

0 Response to "Jadwal Kegiatan Ritual IJAME di desa Murutuwu Tahun 2017"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?