Lewu Betang Ranu, di Pulau Patai

AAA – Hampir dua tahun, sangkay city blog berkarya dengan artikel – artikel yang ber anekaragam. Seperti dalam artikel ini.

Seperti yang anda ketahui, sangkay city blog mulai serius dengan komunitas perkumpulan nya yang bernama Perjalanan di Tanah Dayak. Dimana perjalanan di Tanah Dayak merupakan salah satu tempat orang orang muda Dayak untuk berkarya dan menjaga kebudayan dan alam Pulau Borneo

Dalam pembuatan film dokumenter yang berjudul “Destinasi Wisata Air dan Pemancingan di Pulau Patai (Barito Timur)” terdapat sebuah rumah-rumah tinggi yang berada di jalur sungai dasa Pulau Patai. Rumah yang sangat unik tersebut kami namakan LEWU BETANG RANU, yang artinya Rumah Betang yang berada di atas air.

lewu betang ranu, di pulau patai
Bisa di lihat dari gambar tersebut, keunikan nya. Rumah tersebut berdiri di atas sungai, tapi bukan rumah apung atau lanting.

Di katakan oleh penduduk desa pulau patai, rumah tersebut merupakan rumah singgah bagi sebagian nelayan yang hidup di sebantaran sungai, dimana sebagian rumah yang kami temui tidak dihuni lagi oleh pemiliknya. Tetapi sebagian yang kami temui masih ada pemiliknya.

Desa Pulau Patai merupakan salah satu desa yang berada dalam kec Dusun Timur, kab Barito Timur

Untuk artikel ini juga sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di desa Pulau Patai, selain wisata pemancingan.

Baca :
Sungai Patai, Tempat Memancing Terbaik di Barito Timur


Bagi anda yang ingin melihat objek – objek wisata di tempat tersebut, kami telah membuat kan film nya dan sudah rilis di chanel youtube ‘Perjalanan di Tanah Dayak’ atau klik disini untuk menonton film dokumenter tersebut!

Itulah tadi sedikit cerita dari desa Pulau Patai, dimana di sana terdapat sebuah Rumah Betang, rumah khas suku dayak. Dimana kami menyebut nya LEWU BETANG RANU

Tabe, andri arai atei

0 Response to "Lewu Betang Ranu, di Pulau Patai"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?