Objek Wisata Pantai Kubu, Kumai Kotawaringin Barat

AAAPantai Kubu adalah salah satu obyek wisata paling populer di kab. Kotawaringin Barat (Kobar).

Terletak di desa Kubu, Kecamatan Kumai, Prov. Kalimantan Tengah.

Pantai Kubu
Pantai Kubu merupakan daerah nelayan yang menghadap laut Jawa. Diseberangnya juga ada sebuah pulau kecil yang di beri nama tanjung keluang. Dan pada saat ini tanjung keluang menjadi tempat penangkaran penyu.
Pantai Kubu memiliki formasi pasir putih kecoklatan ini dengan air pantai yang berwarna sama. Warna ini disebabkan oleh pengaruh hutan gambut yang berada tak jauh dari pantai. Pasir pada pantai ini pun hamparannya landai

Akses masuk sarana rekreasi pada Pantai Kubu ditandai dengan patung pada pintu masuknya. Di lokasi ini terdapat dua pintu masuk, yakni pintu masuk kepiting dan pintu masuk buaya.

Musim liburan sekolah seperti ini banyak dimanfaatkan untuk refresing di tempat wisata. Masyarakat memadati Pantai Kubu bersama keluarga untuk berenang di pantai maupun menikmati masakan laut yang disajikan di warung yang berjajar di bibir pantai. Momen liburan seperti saat ini memang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Pangkalan Bun untuk bersantai.

Pantai Kubu sendiri merupakan salah satu pantai kebanggaan bagi masyarakat Kalteng, yang sangat mudah untuk diakses.

Dengan angin yang sepoi sepoi banyak orang yang sering ke pantai kubu karena keindahan pantainya yang sangat indah dan ada wisata lain yang cukup menarik karena disinilah sejarah yang terjadi peristiwa perebutan wilayah kumai, didaerah ini tersimpan cerita yang memilukan karena mempertahankan kumai dari perebutan bangsa belanda yang berbendara australia, disini dibentuk pertahanan yang sangat kokoh hingga para pejuang menumpahkan darah dan keringatnya memperjuangkan wilayah kumai dari bangsa belanda hingga kemerdekaan penuh didapatkan. 

Maka kenapa disebut desa kubu arti dari bahasa Indonesia pertahanan hingga peninggalannya masih ada yaitu meriam dan kuburan para pahlawan hingga sumur abadi karena waktu kekeringan sumur tersebut airnya masih tetap ada.

Terakhir admin datang ke pantai Kubu pada tanggal 28 Agustus 2017.

0 Response to "Objek Wisata Pantai Kubu, Kumai Kotawaringin Barat"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?