Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

AAA – Banyak perguruan – erguruan tenggi negri yang ada di kota Palangka Raya, salah satu yang akan kami bahas kali ini adalah IAIN Palangka Raya.
Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya atau IAIN Palangka Raya adalah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia. IAIN Palangka Raya didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H.

Sejarah awal IAIN Palangka Raya dimulai dari sebuah lembaga bernama Fakultas Tarbiyah Al-Jami'ah Palangka Raya yang diresmikan Rektor IAIN Antasari Banjarmasin, H. Mastur Jahri, MA pada tahun 1972. Fakultas ini didirikan sebagai upaya memenuhi kebutuhan tenaga guru Agama Islam di Kalimantan Tengah. Pada tanggal 13 Nopember 1975 Fakultas ini memperoleh status terdaftar berdasarkan surat keputusan Dirjen Binbaga Islam Depag RI Nomor: Kep/D.V218/1975

Perubahan menjadi IAIN Palangka Raya ditandai dengan penandatanganan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 144 Tahun 2014 tentang Perubahan Status Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (IAIN ) Palangka Raya menjadi Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2014) pada Jumat, 17 Oktober 2014 atau 3 hari sebelum peralihan kekuasaan, 20 Oktober 2014 kepada Presiden baru terpilih, Joko Widodo.

Daftar Fakultas di IAIN Palangka Raya
1.    Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan
2.    Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam
3.    Fakultas Syari'ah
4.    Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah
5.    Pascasarjana

Nilai Dasar IAIN Palangka Raya

Nilai Dasar IAIN adalah Kemanfaatan. Sebaik-baik manusia adalah yang memberikan manfaat kebaikan kepada mahluk yang lain. Keterpaduan nilai manfaat sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT (Ibadah) dan nilai keunggulan (excellence) menjadi  landasan utama dalam membangun visi dan misi.

logo iain Palangka Raya
Visi IAIN Palangka Raya
“Tahun 2023 Menjadi Universitas Islam Negeri Terdepan, Unggul, Terpercaya dan Berkarakter”
 

Tahun 2023 adalah tahun target terukur pencapaian Visi IAIN Palangka Raya bertransformasi menjadi Universitas Islam  Negeri Palangka Raya.  Tahun 2023 sebagai target batas perubahan status, perbaikan dan peningkatan mutu proses dan output yang realistis melalui perbaikan disemua lini kelembagaan.
 

Makna terdepan, unggul, terpercaya dan berkarakter dipahami sebagai berikut:
Terdepan,mengandung harapan agar IAIN Palangka Raya selalu terdepan dalam transformasi keilmuan melalui pendekatan teknologi informasi pada struktur kelembagaan, sumber daya manusia dengan tetap menggali nilai-nilai kearifan lokal dalam menjawab tantangan zaman serta perkembangan teknologi yang semakin cepat.
 

Unggul, mencerminkan sistem pengelolaan dan tata pamong yang bermutu dan diakui oleh lembaga eksternal bereputasi (BAN-PT,  ISO  9001:2015,  AUN-QA). Selain  itu  dapat dimaknai  unggul  secara  spiritual,  intelektual  dan  sosial  dan diperhitungan oleh masyarakat serta komunitas akademik.
 

Terpercaya, mengandung makna bahwa IAIN Palangka Raya dapat bersinergi dan menjalin kerjasama dengan lembaga didalam dan luar negeri dengan baik.
Berkarakter, memiliki arti bahwa IAIN Palangka Raya berkomitmen untuk terus menggali, mengaplikasikan  dan  menjunjung  tinggi  nilai-nilai akhlakul  karimah seluruh civitas akademika dan masyarakat berdasarkan Al-Qur’an dan Al-Hadits.

Misi IAIN Palangka Raya
-    Menyelenggarakanpendidikan berkelanjutan, dan pelayanan administrasi yang bermutu berdasarkan standar akreditasi nasional dan internasional;
-    Meningkatkanmutu penelitian dan pengabdian bagi kepentingan akademisi dan sosial kemasyarakatan
-    Memberdayakan dosen,  karyawan  dan  mahasiswa  untuk  pengembangan profesi secara berkelanjutan baik lokal, nasional dan internasional
-    Membangun komunikasi dankerjasama lintas sektoral, lokal, regional, nasional, dan internasional.

Tujuan IAIN Palangka Raya
-    Menghasilkan lulusan  yang  bertakwa,  memiliki  kecerdasan  spiritual  dan intelektual, memiliki karakter cendekia dan berdaya saing tinggi.
-    Menghasilkan produk   penelitian   yang   unggul   dan bermanfaat   untuk pengembangan   ilmu   keislaman,   pendidikan,   teknologi,   ekonomi   dan kemasyarakatan.
-    Menghasilkan produk  pengabdian  kepada  masyarakat yang  kuat  dari  sisi spiritual, ekonomi dan pengembangan diri.
-    Memiliki jaringan kerjasama yang kuat di tingkat nasional dan global.
-    Memiliki sistem tata pamong dan tata kelola berstandar internasional.

Lokasi Jl. G.Obos Komplek Islamic Center Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia. Situs web http://www.iain-palangkaraya.ac.id

0 Response to "Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?