Universitas Palangka Raya (UPR)

AAA - Universitas Palangka Raya disingkat (dulu UNPAR) (sekarang UPR)  adalah suatu perguruan tinggi negeri pertama dan tertua di Kalimantan Tengah, berdiri pada tanggal 10 november 1963 dengan almameter Kuning
universitas palangka raya
SEJARAH VISI DAN MISI UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

SEJARAH UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
 

Awal pembentukan Universitas Palangka Raya dilakukan pada tahun 1962 oleh Panitia Persiapan Pembentukan Universitas di Kalimantan Tengah yang mendapat dukungan formal dari Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah dengan nama Universitas Palangka Raya yang diresmikan oleh Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pendidikan (PTIP) yaitu Bapak Prof.Dr.Ir.Tojib Hadiwijaya berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 141 Tanggal 10 November 1963 dengan 3 (tiga) fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kehutanan. Pada saat yang bersamaan berdiri pula IKIP Bandung Cabang Palangka Raya dengan 2 (dua) fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS). Pada tanggal 24 Juli 1969, IKIP Bandung Cabang Palangka Raya tersebut diintergrasi ke dalam Universitas Palangka Raya.

Dalam perjalanan selanjutnya, Fakultas Pertanian dan Fakultas Kehutanan yang waktu itu ditempatkan di Kuala Kapuas, hanya dapat berjalan kurang lebih 1 (satu) tahun. Pada tahun 1973, FKIS diubah namanya menjadi Fakultas Keguruan. Oleh karena itu, hingga tahun 1981 Universitas Palangka Raya hanya memiliki 3 (tiga) fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Keguruan.

Menyadari kebutuhan akan tenaga-tenaga terampil di bidang pertanian dan kehutanan di Kalimantan Tengah, maka pada tahun 1981 Universitas Palangka Raya membuka fakultas baru yaitu Fakultas Non-Gelar Teknologi yang menyelenggarakan program pendidikan pada jenjang Diploma 3 (D-3). Pada Tahun 1982, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 67/1982 tanggal 7 September 1982, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Keguruan digabung menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) hingga sekarang. Sementara itu pada tahun 1991, Fakultas Pertanian secara resmi berdiri menggantikan Fakultas Non-Gelar Teknologi sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0312/0/1991 tanggal 6 Juni 1991.

Kemudian, seiring dengan perkembangan dari masa ke masa, pada tahun 2000, berdirilah Fakultas Teknik dan kemudian diikuti oleh berdirinya Fakultas Hukum pada tahun 2003. Fakultas Ilmu Sosial dan Pemerintah diresmikan pada tahun 2012 dan terakhir tahun 2013 berdirilah Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya. 

logo upr
VISI UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

Universitas Palangka Raya menjadi perguruan tinggi terbaik dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, bermoral Pancasila dan berdaya saing tinggi.

MISI UNIVERSITAS PALANGKA RAYA


Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara efektif dan profesional; Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesejahteraan masyarakat; Membina kehidupan akademik yang demokratis dan dinamis dengan mendayagunakan sumberdaya secara optimal, transparan, akuntabel, dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia berkelanjutan; Menyelenggarakan pengelolaan universitas berdasarkan paradigma baru manajemen pendidikan tinggi yang berazal otonomi, evaluasi, akuntabilitas, akreditasi, dan jaminan mutu yang bermuara pada peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

Universitas Palangka Raya terdiri dari 7 fakultas, 1 Program Pascasarjana, dan 1 Program Doktoral, yaitu
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Fakultas Pertanian,
Fakultas Teknik,
Fakultas Hukum,
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik serta
Fakultas Kedokteran,
Program Pasca Sarjana,
Program Doktor

Lokasi Kampus

Secara geografis, kampus Universitas Palangka Raya dibagi atas tiga area, yaitu Kampus Tunjung Nyaho di Jalan Yos Sudarso dengan luas lahan mencapai 300 Hektar, Kampus Kartini dengan luas 50 Hektar, dan Hutan Penelitian dan Pendidikan di Hampangen yang mencakup luasan lahan 5,000 Hektar, sehingga Universitas Palangka Raya memiliki luas keseluruhan sebesar 5,350 Hektar. Kegiatan administrasi Universitas Palangka Raya dipusatkan di Rektorat Universitas Palangka Raya di Kampus Tunjung Nyaho. Mayoritas fakultas berada di Kampus Tunjung Nyaho dengan atmosfer green campus karena hanya 5% lahan yang digunakan sebagai sarana akademik, riset serta kemahasiswaan, dan sekitar 95% wilayah Kampus Tunjung Nyaho bisa dikatakan sebagai area hijau yang berwujud sebagai hutan kota.

Rektor

Nama-nama pemimpin Universitas Palangka Raya sejak 1963 sampai sekarang adalah:
1.    Tjilik Riwut (1963-1967).
2.    Ir. Reynout Silvanus (1967-1980)
3.    KMA.M.Usop (1980-1988)
4.    Prof.Dr.Ir. Amris Makmur (1988-1994)
5.    Prof.Dr.Ir.H. Ali Hasymi, M.S.,M.A. (1994-2001)
6.    Drs. Napa J. Awat (2001-2005)
7.    Dr. Henry Singarasa, M.S. (2005-2013)
8.    Prof. Dr. Ferdinand, M.S. (2013-2017)

Sumber  : Wikipedia dan Website Universitas Palangka Raya


kuliah di upr aja!!

0 Response to "Universitas Palangka Raya (UPR)"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?