Punsak Isa Ampari (Dusun Ampari Bura Dalam, Ds. Ampari Bura, Kec. P. Tutui)

AAA – Objek wisata Punsak Isa Ampari adalah salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah. Potensi Pariwisata yang di miliki Kabupaten Barito Timur ini di tulis oleh Rico Irwanto NDDB dalam artikelnya yang berjudul “Barito Timur Dalam Potret Pariwisata

Objek wisata ini masih berada di Desa Ampari Bura, namun tepatnya berada dalam sebuah dusun sekitar 10 menit dari desa. Dusun Ampari Bura Dalam adalah desa asal penduduk Bahalang, karena perusahaan kayu (PT. Yayang) membuka jalan kemudian masyarakat berangsur-angsur pindah mengikuti jalur poros jalan tersebut sehingga desa asal kemudian ditinggalkan. 


Sekarang, wilayah Bahalang menjadi induk desa Ampari Bura dan Ampari Bura Dalam menjadi bagian desa tersebut. Lokasi ini berada tepat di persimpangan menuju Dusun Ampari Bura, di sebelah kanan jalan ada sebuah gundukan bukit yang cukup tinggi, memang tidak banyak orang yang mengetahui tempat ini karena penulis menaiki bukit ini tepat jam 05.00 WIB untuk mengabadikan awan yang menghiasi langit di Dusun tersebut setiap paginya.

Tempat ini memiliki keunikan tersendiri, kita seperti berada di atas awan saat pagi hari dimana posisi kita membelakangi matahari. Dari bukit ini, kita juga dapat melihat perbukitan Teletrobalo dari kejauhan yang sangat menarik mata untuk melihat keindahannya. Jika berkunjung ke Desa Ampari Bura, luangkan waktu sebentar untuk menaiki Puncak Isa Ampari yakni wilayah Desa Pertama Ampari.

Barito Timur Dalam Potret Pariwisata

Punsak Isa Ampari
(Penulis : Rico Irwanto NDDB)

0 Response to "Punsak Isa Ampari (Dusun Ampari Bura Dalam, Ds. Ampari Bura, Kec. P. Tutui)"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?