Riam Paku (Dusun Gunung Karasik, Ds. Apar Batu, Kec. Awang)

AAA – Objek wisata Riam Paku adalah salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah. Potensi Pariwisata yang di miliki Kabupaten Barito Timur ini di tulis oleh Rico Irwanto NDDB dalam artikelnya yang berjudul “Barito Timur Dalam Potret Pariwisata

Riam Paku berada pada jalan utama menuju dusun Tange Lana, air dari sungai paku yang naik pada musim penghujan akan mejadi salah satu sungai yang sangat berpotensi untuk wisata Arung Jeram.

Saat musim penghujan, air yang naik menabrak bebatuan yang ada pada dasar maupun samping sungai sehingga bermunculan riam-riam yang sangat indah dan cantik sampai ratusan meter.

Tetapi, belum pernah ada orangorang yang mencoba untuk melakukan hal semacam ini, karena tidak ada perlengkapan yang tersedia dan memadai padahal Riam Paku sangat berpotensi untuk menjadi wisata arung jeram. Lebih sederhananya, kita bisa menggunakan ban dalam mobil-mobil besar kemudian dirangkai agar dapat dipergunakan seperti bahan untuk arung jeram.

Selain daripada itu, syarat utama untuk hal tersebut adalah pelampung untuk keamanan para wisatawan. Sangat disayangkan jika potensi alam seperti ini dibiarkan begitu saja. Namun yang pasti, saat musim penghujan dimana air sungai paku akan naik maka saat itulah kita dapat menyaksikan riam-riam yang menakjubkan sepanjang ratusan meter. Hal ini kemudian menjadi terbalik jika sungai paku menjadi surut, maka riam-riam pendek dan tenang ini akan kita temui, yang mengalir melewati batu-batu besar seperti yang ada pada gambar diatas.

Kita bisa melihat perbandingan antara air sungai paku pada saat musim penghujan dan musim kemarau, saat musim kemarau bebatuan sungai paku akan muncul dan terlihat lebih jelas. Pemandangan ini dapat kita temukan ratusan meter di sepanjang aliran sungai paku. Ini yang menjadi daya tarik utama riam sungai Paku, saat musim penghujan maka ada potensi arung jeram dan pada saat musim kemarau, mata kita akan terpesona melihat riam-riam pendek sepanjang aliran sungai ini.

Jika wisatawan tertarik ingin berkunjung ke Dusun Gunung Karasik, bisa mampir sebentar dan melihat keindahan Riam Sungai Paku baik saat musim penghujan maupun musim kemarau.

“Barito Timur Dalam Potret Pariwisata”

Riam Paku
(Penulis : Rico Irwanto NDDB)

0 Response to "Riam Paku (Dusun Gunung Karasik, Ds. Apar Batu, Kec. Awang)"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?