Desa Pararapak – Tugu Agropolitan (Barsel)

AAADesa Pararapak adalah sebuah desa yang termasuk dalam Kecamatan Dusun Selatan, Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

Di desa ini terdapat sebuah gerbang yang bertuliskan  

TUGU AGROPOLITAN DESA PARARAPAK
Memang Pararapak bukan lah sebuah kota.
Dalam wiki indo Agropolitan adalah kota pertanian yang tumbuh dan berkembang karena berjalannya sistem dan usaha agribisnis serta mampu melayani, mendorong, menarik, menghela kegiatan pembangunan pertanian (sektor usaha pertanian dalam artian luas) di wilayah sekitarnya.

Di desa ini terlatak di jalan tran Kalimantan Buntok - Palangka Raya, dengan hamparan sawah yang luas menjadikan desa ini sebagai salah satu pengahasil padi unggulan di kab. Barito Selatan.

Konsep Agropolitan merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan daerah melalui optimalisasi sumber daya tumbuhan dan hewan, yaitu pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. Jika sebuah kawasan hanya memiliki potensi perikanan, maka dapat pula disebut sebagai minapolitan.

Agropolitan selayaknya menjadi sarana dalam pembangunan kawasan pedesaan untuk menangani kesenjangan antara pedesaan dan perkotaan. Melalui pendekatan agropolitan pembanguan wilayah semestinya dapat membawa kemajuan wilayah tanpa mengabaikan kelestarian lingkungan, budaya, tradisi dengan disertai inovasi-inovasi bisnis yang terarah dan berkelanjutan.

0 Response to "Desa Pararapak – Tugu Agropolitan (Barsel)"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?