Objek Wisata Gua Liang Ayah di Kabupaten Barito Timur

AAA – di Desa Batu Sahur terdapat sebuah objek wisata yang bernama Liang ayah. Objek wisata ini berada di kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.
Liang Ayah adalah sebuah Liang Batu yang membentuk gua. Objek wisata ini masih belum terlalu di ketahui oleh masyarakat khusus nya Kabupaten Barito Timur.
Sejarahnya atau mitos nya Liang ayah ini bersasal dari cerita rakyat Dayak Maanyan dan Dayak Lawangan, di ceriakan bahwa pada saat itu sebelum ada nya liang ayah, dulu masyarakat melakukan pengobatan wadian, kemudian salah seorang pemuda malakukan hal-hal yang aneh yaitu memukul gendang dengan tangan binatang hasil buruan nya, kemudian hujan tiba - tiba turun di sertai dengan Guntur yang menggelegar, datang lah sesosok Nayubutituru. Nayubutituru sangat marah atas perlakuan dan sifat yang dimiliki oleh pemuda tersebut akhirnya, semua yang ada di Balai tersebut menjadi batu di antara nya Kangkanung, Gendang, Guci, dan alat-alat yang ada di dalam Balai tersebut termasuk Wara (dukun), dan Balai tersebut semua menjadi batu termasuk orang-orang yang ada di dalam ya. Yang kemudian menjadi Liang Ayah. Baca selengkapnya klik (disini)

Objek wisata Goa Liang Ayah sering di kunjungi wisatawan – wisatawan lokal pada sat liburan sekolah, hari - hari besar. Banyak para anak muda yang sering datang ke sini. Objek wisata ini menyimpan panorama alam yang masih asri dan akan terus berkembang, tapi sayang nya hingga kini masih belum didukung dengan infrastruktur yang memadai. Untuk masuk ke liang ayah ini anda harus berjalan kaki, karena kendaraan roda dua tidak bisa masuk denga jalan yang tidak memadai, jadi kendaraan harus di titipkan ke warga di desa batu sahur.

Baca juga : Daftar Objek Wisata di Kabupaten Barito Timur

Itulah sedikit informasi tentang wisata – wisata di barito timur. Harapan dengan dibuatkan artikel ini Pemerintah segara membuat imfrastruktur di kawasan Liang ayah dan memperbaiki jalur transportasi menuju desa batu sahur, Kec. Dusun Tengah.

0 Response to "Objek Wisata Gua Liang Ayah di Kabupaten Barito Timur"

Post a Comment

Bagaimana Pendapat Anda?